Media Digital Modern

Budaya Gotong Rotong, Jangan Sampai Hilang !

Budaya Gotong royong merupakan sudah menjadi tradisi turun-temurun dari nenek moyang. Kebersamaan dalam pekerjaan yang membuat lebih ringan dan adanya semangat persatuan.

Budaya Gotong royong sangat mulia, karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling memerlukan satu sama lain. Mau tidak mau manusia akan berinteraksi dengan orang lain, baik tetangga, kawan kerja maupun relasi bisnis.

Selain itu budaya gotong akan memudahkan dan pekerjaanpun akan cepat terselesaikan. Karena dilakukan bersama-sama dan kompak.

Budaya Gotong Royong yang Mulai Terkikis

Budaya mulia dan luhur ini sudah mulai jarang Kita lihat, terlebih di kota, manusia cenderung individualis dan acuh terhadap orang lain bahkan lingkungan. Ini sangat memprihatinkan, mengingat manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dan tidak akan bisa hidup sendirian.

Mungkin karena sudah zamannya atau karena kesibukkan manusia dalam pekerjaannya. Persaingan kerja dan persaingan usaha yang menuntut Manusia untuk berupaya dan bekerja lebih. Seakan waktu 24 jam kurang untuk digunakan mencari kebutuhan hidup.

Kebutuhan hidup yang kian meningkat seiring perkembangan zaman yang moderen semakin pesat berimbas kepada nilai-nilai kearifan lokal yang lambat-laun terkikis.

Bisakah Kembali Terpupuk Budaya Gotong Royong?

Tidak mudah untuk mengubah arah kesadaran kolektif, tapi yang jelas itu bisa diperbaiki dengan dimulai dari masing-masing individu.

Peran serta masyarakat secara luas dan diprakarsai oleh tokoh masyarakat dan pemerintah setempat merupakan ujung tombak yang tidak boleh dilupakan.

Selain itu harus Kita tanamkam pada anak-cucu Kita agar bercara pandang kebersamaan dan menyatu dalam kehidupan masyarakat yang bahu-membahu dalam kebaikan lingkungan bersama.

Keluarga merupakan pondasi Negara, semakin baik rumahtangga keluarga maka akan baik juga sebuah Negara.

Bentengi Diri dari Dampak Negatif Era Digital

Perkembangan teknologi digital yang masiv dan bergulir sangat cepat sedikit banyak mempunyau dampak yang tidak diinginkan. Tidak menutup mata perangkat teknologi digital masa kini sangat bermanfaat dan memudahkan kehidupan manusia.

Pertahankan budaya gotong royong yang luhur dalam lingkungan sekitar. Akan bisa memberikan pemahaman dan pengertian terhadal generasi penerus Kita kedepan.