Media Digital Modern

Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Tanah

Kali jarakdekat.com akan membahas cara menghindari penipuan jual beli tanah, sesuai tren yang sedang marak di beberapa daerah. Di Dunia ini memang ada yang baik dan ada yang buruk, ada yang berbudi dan ada yang jahat. Itu semua sudah menjadi hukum alam yang sudah ada sejak Nabi Adam AS.

Namun pada dasarnya hati nurani manusia pasti akan memperingatkan ketika sang Manusia hendak melakukan kesalahan, namun tidak semua orang mampu menuruti kata nurani yang berada dalam garis kebenaran.

Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Tanah Dengan Trik Sederhana

Tanah merupakan salah satu kategori properti yang harganya akan semakin mahal dan nilainya tidak akan pernah turun. Maka investasi dengan membeli tanah adalah hal yang paling menguntungkan dalam jangka panjang.

Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Tanah
Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Tanah

Namun lain dulu lain sekarang, semakin banyak populasi manusia yang mendekati 8 milyar ini menjadikan aneka ragam cara manusia untuk mendapatkan uang dalam waktu singkat.

Bahkan seringkali menabrak norma dan hukum yang ada. Dan mengabaikan hak orang lain demi kepentingan maupun keuntungan pribadi.

Cek Dengan Bertanya Dengan 3 atau empat penjuru Batas Tanah.

Setiap lahan pasti berbatasan dengan pemilik lainnya. Akan ada tiga atau empat pemilik tanah yang berbatasan langsung dengan tanah yang hendak Anda beli.

Memang butuh kesabaran untuk bisa mengetahui history tanah, mengetahui asal-muasal kepemilikan tanah. Namun kesabaran merupakan harga yang murah dibandingkan dengan susahnya karena tertipu dalam jual beli tanah maupun rumah.

Cek Keaslian Sertifikat Tanah

Surat hak milik tanah atau SHM bisa di cek keasliannya di BPN (Badang Pertanahan Nasional) setempat. Anda cukup membawa fotocopy SHM dan datang ke kantor BPN maka Anda bisa melihat keaslian surat tanah tersebut.

Sering terjadi kasus akan Adanya surat ganda atau sertifikat ganda, jika hal demikian maka sebisa mungkin untuk menghindari membeli tanah yang ada indikasi adanya surat ganda. Karena akan bisa merepotkan Anda dan bisa merugikan Anda.

Pastikan Harga Normal

Jual beli apasaja akan ada range harga normal yang sesuai pasaran. Karena secara logis, penjual lahan akan cek kanan-kiri sebelum mematok harga.

Lain halnya jika ada oknum yang berniat menipu, maka biasanya harga tanahnya tidak masuk akal, atau dibawah harga normalnya.

Demikian tulisan ringkas tentang Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Tanah yang bisa menjadi referensi agar tidak terjebak dalam kerugian finansial.