Media Digital Modern
Index

Singkap Rahasia 10 Danau Terdalam di Indonesia

Danau Terdalam di Indonesia

Indonesia memiliki banyak danau yang tak hanya indah namun juga berukuran sangat luas berikut kami rangkum 10 danau terdalam di Indonesia.

Selain besar, danau yang juga mempunyai pemandangan yang indah dan alami. Tentu akan terasa nuansanya jika melihat dari atau dengan jarak dekat.

10 Danau Terdalam di Indonesia

1. Danau Toba

Danau Toba menjadi danau terluas di Indonesia. Danau toba juga merupakan salah satu Danau vulkanik terbesar di dunia.

Danau Terdalam di Indonesia
Danau Toba

Danau ini memiliki panjang 100 KM atau 62 mil 30 km atau 19 mil, dengan kedalaman mencapai 505 m. Sehingga Danau Toba menjadi Danau terdalam kedua di Indonesia dan ke-15 di dunia.

2. Danau Towuti

Danau Towuti ini memiliki luas permukaan mencapai 561 km2, yang menjadikannya Danau terluas kedua di Indonesia setelah danau Toba. Danau Towuti ini termasuk dari 10 danau terdalam di Indonesia.

Danau Terdalam di Indonesia-towuti

Danau Towuti merupakan jenis danau tektonik yang sudah ada sejak lama, bahkan hingga ribuan tahuan yang lalu. Berlokasi di provinsi Sulsel (Sulawesi Selatan) yang letak tepatnya di Kabupaten Luwu Timur.

Danau Towuti kini menjadi salah satu tujuan wisata terbaik saat ini, karena selain memberikan keindahan alam, namun juga memberikan edukasi kepada Kita tentang bagaimana bersahabat dengan alam. Danau Towuti ini merupakan salah satu dari 12 Danau purba yang ada di dunia.

3. Danau Ranau

Melihat dari volume airnya, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua dan sepuluh besar danau terdalam di Indonesia.

Berada di perbatasan antara Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan Danau Ranau merupakan danau vulkanik yang memiliki panjang 16 km, lebar 80 m, luas permukaan 125,9 km2, kedalaman maksimal 229 m dan mencapai 21 koma 95 KM kubik.

Di tengah danau Ranau ini terdapat pulau Marissa yang menjadi salah satu destinasi wisata karena keberadaan tempat pemandian air panas alami.

4. Danau Singkarak

Berada di Kabupaten Solok dan tanah datar Sumatera Barat, Danau Singkarak menawarkan pemandangan mempesona dan kerap dijadikan salah satu destinasi wisata wajib jika datang ke provinsi tersebut.

Memiliki ukuran panjang 21 KM lebar 7 KM dengan luas permukaan 107,8 km2, Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba.

Tour de Singkarak merupakan event balap sepeda berskala Internasional yang di selenggarakan di tempat wisata ini saat akhir tahun tiba.

5. Danau Matano

Sulawesi Selatan mempunyai destinasi wisata elok yakni, Danau Matano yang merupakan danau paling dalam di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara dan menempati urutan ke-11 di dunia, dengan kedalaman 590 meter. Dan termasuk dari 10 besar danau terdalam di Indonesia.

Keindahan alam di kawasan Danau Matano ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata alam di Sulawesi Selatan.

6. Danau Poso

Danau Poso yang indah natural yang berada di Sulawesi Tengah tepatnya di Kabupaten Poso, Danau Poso merupakan Danau tektonik purba.

Danau ini memiliki panjang 32 KM, lebar 16 KM dan luas permukaan 323 km2, dengan kedalaman mencapai 450 meter, membuat danau Poso menjadi Danau terdalam ketiga di Indonesia.

Meski berada di ketinggian 657 mdpl gelombang air di Danau ini hampir serupa dengan gelombang air laut. Keunikan pada Telaga ini tidak ada pada telaga yanga lain, salah satunya pada pasirnya yang mempunyai warna kuning seperti emas.

7. Danau Sentani

Danau ini membentang dari kota Jayapura ke Kabupaten Jayapura, dengan luas mencapai 9360 hektar. Menjadikan danau Sentani sebagai Danau paling luas di Papua. Wajar jika danau Sentani termasuk kedalam danau terdalam di Indonesia.

Tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya, daya tarik wisata dari danau Sentani adalah perhelatan festival danau Sentani yang diselenggarakan setiap bulan Juni.

Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan adat yang diselenggarakan di sekitar danau Sentani, sehingga kerap dimanfaatkan sebagai lokasi pariwisata yang seru.

8. Danau Sentarum

Telaga floodplain yang ada di Kalbar ini, menjadi salah satu danau yangterbesar di Indonesia, Meski kedalaman maksimumnya yang hanya mencapai 8 meter tapi Danau ini memiliki luas sekitar 275 km2, sehingga termasuk salah satu danau terdalam di Indonesia.

Jika ada niatan untuk datang atau mengunjungi tempat rekreasi danau Sentarum ini, maka terlebih dulu harus mengetahui kondisi air danau, apakah dalam kondisi penuh atau surut. Karena ada 2 bulan yang mana air danau surut dan hanya tersisa kolam- kolam kecil.

9. Danau Paniai

Sebaiknya siapkan jaket tebal jika kamu berkunjung ke destinasi wisata Danau Paniai, pasalnya Danau Paniai berada di ketinggian 1742 mdpl, yang terletak di kabupaten Paniai Papua.

Meski danau Paniai yang sangat luas yang mencapai 195 km2 namun tidak memiliki banyak kedalaman, bahkan hanya kurang 7 meter saja kedalaman danau ini.

10. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau tektonik yang terletak di kabupaten Agam Sumatera Barat, Danau ini terletak di ketinggian 459 m sehingga suhunya masih sejuk. Dan menjadi salah satu danau terdalam di Indonesia yang banyak dikunjungi.

Danau Terdalam di Indonesia
Danau Maninjau

cenderung normal meski luasnya hanya mencapai 99,5 kilometer persegi dengan kedalaman maksimal 165, untuk mencapai ke danau Maninjau ini harus siap melewati Kelok 44 yang terkenal curam dan ekstrim.

Demikian ulasan tentang 10 danau terdalam di Indonesia. Yang tidak hanya besar tapi juga terkenal akan keindahan panoramanya. Jadi, menurutmu destinasi wisata Danau mana yang menjadi favorit karena kedalaman dan keindahannya? Silahkan tulis dikomentar ya !