Media Digital Modern
Index

7 Gunung Pendakian di Indonesia, Terbaik !

Gunung pendakian di Indonesia yang terbaik di Indonesia akan mnjadi incaran pecinta hiking Nusantara. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan tentunya memiliki banyak gunung-gunung tinggi yang tersebar di seluruh pulau.

Pegunungan Indonesia tentunya memiliki keindahan yang sangat luar biasa yang bisa kita nikmati. Selain itu gunung juga bisa dijadikan sebagai media olahraga hiking.

Nah bagi para pecinta olahraga yang memicu adrenalin, mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menantang. Namun olahraga mendaki gunung butuh kekuatan dan mental yang bagus agar bisa mencapai puncak gunung yang kalian kunjungi.

Namun, semua lelah dan jerih payah yang Anda rasakan akan terbayar lunas dengan pemandangan yang sangat indah setelah anda sampai di puncak gunung tersebut.

Berikut adalah beberapa Gunung Pendakian di Indonesia dengan puncak tertinggi dan memiliki keindahan yang menakjubkan.

7 Gunung Pendakian di Indonesia Terbaik

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet memiliki predikat sebagai atap Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 3428 mdpl atau ketinggian diatas permukaan laut. Gunung ini berada di Lima Kabupaten yakni Purbalingga, Banyumas  Pemalang  Tegal dan Brebes.

Bagi para pendaki biasanya melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Slamet melalui jalur Bambangan yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Gunung Slamet sendiri merupakan gunung berapi yang masih aktif, saat sampai puncak pendaki bisa melihat kawah aktif yang mengeluarkan asap.

Bagi para pendaki harus selalu waspada, jika ingin melakukan pendakian ke gunung Selamet, Karena sewaktu-waktu gunung bisa saja mengalami erupsi, dan itu bisa menjadi masalah yang sangat serius dan membahayakan bagi para pendaki.

2. Gunung Semeru

Gunung Pendakian di Indonesia berikutnya ialah Gunung Semeru, memiliki ketinggian 3676 m diatas permukaan laut dan juga dikenal dengan sebutan Mahameru atau Gunung Agung. Gunung ini merupakan yang tertinggi di pulau Jawa.

Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Gunung ini memiliki keindahan yang sangat istimewa. Keindahan yang dapat kita nikmati saat mendaki Gunung Semeru yaitu pada saat kita berada di Randu Kumbolo, tempat ini banyak menjadi incaran bagi para pendaki selain mencapai puncak gunung Semeru.

Namun jangan lupa untuk persiapan luar dalam, mental dan stamina yang prima. Karena setelah sampai puncak gunung maka wajib untuk turun, karena tidak meungkin bermukim di puncak gunung. Hehe !

3. Gunung Rinjani

Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat tidak hanya memiliki keindahan dari segi pantainya saja, di sini juga terdapat sebuah gunung yang sangat terkenal dengan keindahannya, terutama di kalangan para pendaki yang suka melakukan pendakian. Maka Gunung Rinjani bisa manjadi pilihan tepat, karena memang gunung ini masuk kedalam 10 Gunung Pendakian di Indonesia terbaik saat ini.

Gunung Pendakian di Indonesia-rinjani
Gunung Pendakian di Indonesia-Rinjani

Gunung Rinjani juga disebut-sebut sebagai wisata yang memiliki tracking terbaik di Asia Tenggara memiliki ketinggian 3726 m diatas permukaan laut Gunung ini juga berhasil menduduki Puncak tertinggi di Indonesia tidak hanya memiliki ketinggian Gunung Rinjani juga memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Jika kalian berkunjung ke sana untuk melakukan kegiatan pendakian anda akan disuguhkan dengan padang Savana yang banyak ditumbuhi dengan bunga edelweis, danau Segara Anak hingga menikmati matahari terbit yang sangat indah.

4. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3805 m diatas permukaan laut. Gunung Kerinci memiliki sebutan spesial yaitu Pick of Indrapura Gunung Kerinci, Sekaligus merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Pendakian di Indonesia yang terletak di Provinsi Jambi ini masih dalam keadaan aktif. Jadi, harus ekstra hati- hati ketika melakukan hiking di tempat ini.

Gunung Kerinci juga memiliki keindahan pemandangan yang sangat luar biasa, di Gunung ini anda bisa menikmati pemandangan seluruh kota Jambi, Padang dan Bengkulu. Selain itu juga dilengkapi dengan menikmati Samudera Hindia yang sangat cantik.

5. Gunung Trikora

Gunung Trikora memiliki ketinggian mencapai 4750 meter di atas permukaan laut. Puncak Trikora menduduki peringkat gunung tertinggi di Indonesia dan menjadi salah satu Gunung Pendakian di Indonesia yang terbaik.

Gunung Trikora terletak di wilayah Papua, Puncak Trikora juga sering dikenal dengan sebutan nama wilayah Wilhelmina atau Ettiakup. Puncak Trikora menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya dengan dataran memanjang yang diselimuti oleh salju.

6. Puncak Mandala

Memilih Gunung Pendakian di Indonesia dengan cuaca ekstrim maka Puncak Mndala bisa menjadi pilihan tepat. Puncak Mandala memiliki ketinggian yang sangat menakjubkan, sama halnya dengan Puncak Jaya yang memiliki es abadi di Puncak Mandala juga tertutup es abadi di seluruh puncaknya. Puncak Mandala juga memiliki julukan yang bagus yaitu dengan sebutan Julian top atau Puncak Juliana.

Ketinggian puncak Mandala mencapai 4760 meter di atas permukaan laut. Puncak Mandala yang berada di Provinsi Papua ini membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini.

7. Gunung Jayawijaya

Puncak Jaya merupakan pegunungan yang diselimuti oleh salju. Puncak Jaya memiliki ketinggian mencapai 4884 meter di atas permukaan laut yang membuatnya menjadi gunung tertinggi di Indonesia.

Puncak Jaya juga merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang tertutupi oleh salju. Salju yang meliputi puncak Gunung Jayawijaya diperkirakan sudah menipis karena cair atau bahkan mengering.

Gunung Pendakian di Indonesia-jayawijaya
Gunung Pendakian di Indonesia-jayawijaya

Untuk itu bagi Anda yang ingin melakukan pendakian ke Puncak Jaya semua persiapan yang matang harus kalian siapkan dan tidak boleh main-main.

Persiapan & Safety Harus yang Terbaik

Semua persiapan yang harus kalian siapkan seperti fisik, logistik, peralatan yang harus dilengkapi sesuai dengan prosedur. Tujuannya agar ketika melakukan pendakian tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jadi itulah Gunung Pendakian di Indonesia yang bisa anda jadikan untuk menghabiskan waktu libur panjang anda dengan mendaki gunung.