Media Digital Modern

Pangkas Biaya Listrik, Solusi Energi Terbarukan

Kebutuhan listrik sudah sangat wajib seiring era digital yang terus menggelinding bagaikan bola salju. Semakin banyak pengguna listrik dan semakin besar kapasitas yang dibutuhkan.

Bahkan tidak hanya alat rumah tangga saja yang gencar berinovasi, namun alat transportasi juga berevolusi menjadi elektrik. Artinya harapan energi terbarukan menjadi salah satu harapan energi terbaik dimasa mendatang.

Zaman yang serba listrik, dari bangun tidur hingga tidur kembali kehidupan Kita sangat sulit rasanya jika tanpa listrik. Menggunakan listrik sudah menjadi vitas seiring alat- alat yang digerakkan dengan listrik seperti magiccom, setrika, televisi, mesin cuci, kulkas, kipas angin hingga mobil sekalipun kini sudah mulai beralih ke teknologi elektrik.

Laju Emisi yang Mengkhawatirkan

Wacana pengurangan emisi sudah mulai di realisasikan, karena emisi yang tinggi akan sangat tidak baik bagi keseimbangan alam.

Tidak hanya Pengembangan listrik dari pembangkit dengan non emisi, namun kendaraan ootmotif juga sudah wajib menggunakan teknologi EURO4. Artinya setiap kendaraan yang digunakan akan digantikan dengan yang kendaraan yang rendah akan emisi.

Tenaga Surya, Solusi Energi Terbarukan

Pembangkit listrik tenaga Surya mulai menggeliat seiring kesadaran akan emisi dan semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil. Hal ini menuntut ilmuan untuk terus berupaya mengatasi kebutuhan akan energi listrik.

Tenaga matahari menjadi salah satu yang di gadang-gadang menjadi sumber energi yang terbarukan dan unlimited, mengingat keberadaan Matahari yang gratis dan mempunyai energi yang luar biasa.

Meski selain sumber listrik dari Matahari, bisa juga mendapatkan listrik dari sumber tenaga angin, namun efektifitas tenaga Matahari di nilai lebih mampu untuk menyediakan listrik dalam jumlah yang besar.

Pilihan Listrik Terbaik Untuk Daerah Pelosok

Jangkauan PLN (perusahaan Listrik Negara) yang masih belum menjangkau seluruh daerah di Indonesia bisa diatasi dengan keberadaan elektrik solar system, baik listrik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk kebutuhan perusahaan.

Hal ini menjadi kabar baik bagi yang tinggal di pedalaman yang belum bisa di cover oleh Listrik konvensional. Tenaga surya menjadi pilihan terbaik untuk supply energi dalam skala kecil maupun skala besar.

Potensi yang Melimpah

Indonesia merupakan Negara tropis yang di lalui garis katulistiwa. Hal ini menjadikan Indonesia mendapatkan listrik kurang lebih 11 jam dalam 24 jam. Tentu hal ini sangat baik jika untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.

Namun untuk pemasangan diawal PLTS memerlukan biaya yang relatif tinggi, namun setelah itu nyaris tidak ada biaya yang dikeluarkan dan terus mengahasilkan listrik yang bisa digunakan untuk keperluan sehari- hari.

Indonesia Bisa Mandiri Batrai

Letak geografis Indonesia yang berada di sabuk katulistiwa menjadikannya sebagai wilayah yang kaya akan sumber daya alam, termasuk bahan- bahan yang bisa digunakan untuk membuat batrai. Dengan demikian, Indonesia bisa berpeluang menjadi produsen batrai yang bisa digunakan untuk support perangkat- perangkat apasaja yang berbasiskan teknologi listrik.

Sebagaimana yang diungkapkan Bossman Mardigu sebagai pelopor Newmind mengungkapkan bahwa Indonesia bisa menjadi salah satu kekuatan global dalam bidang batrai, karena sudah tersedianya bahan baku untuk digunakan membuat batrai dengan baik.

PLTS yang memerlukan batrai sebagai penyimpan arus maka keberadaan batrai merupakan hal wajib. Tanpa adanya batrai yang handal maka energi surya tidak bisa digunakan pada malam hari.

Jadi ini merupakan kabar baik bagi yang belum bisa menikmati keberadaan listrik PLN. Dengan listrik tenaga Matahari akan bisa digunakan dimana saja di wilayah bumi Nusantara.