Media Digital Modern
Index

5 Sungai Terpanjang di Indonesia, Wajib Kita Jaga Kelestariannya

sungai terpanjang di Indonesia-sungai-batanghari-depan

Yuk kita cari tahu Sungai terpanjang di Indonesia, dimana saja dan seperti apa keunikannya. Dan bagaimana terkait wisatanya.

sungai adalah air tawar yang berasal dari sumber alamiah yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah dan menuju atau bermuara ke laut, danau atau sungai yang lebih besar.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki hamparan pulau- pulau yang sangat luas, rentang bahari di Indonesia sendiri meliputi lautan, danau hingga sungai-sungai yang ada di Indonesia dengan kekayaannya tak heran jika wisata bahari di Indonesia menjadi salah satu yang terfavorit di Indonesia.

Menjelajahi wisata bahari di Indonesia tak akan lengkap tanpa menyusuri berbagai sungai terpanjang di Indonesia. Tersebar di berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke.

Berikut ini Daftar Sungai Terpanjang yang ada di Indonesia.

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia, sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Barat merupakan sungai panjang di Indonesia, total panjang Sungai Kapuas mencapai 1143 KM.

Sungai terpanjang di Indonesia- Sungai Kapuas
Sungai terpanjang di Indonesia- Sungai Kapuas

Sungai Kapuas dimulai dari pegunungan Muller hingga bermuara selat Karimata di laut Natuna.

Sungai yang terletak di Kalimantan Barat ini memegang peranan penting bagi peradaban suku Dayak dan masyarakat lainnya di daratan Kalimantan tak hanya menjadi pegunungan daerah kekayaan sumber daya alam perairan yang menjadikan sungai terpanjang di Indonesia ini sebagai sumber mata pencaharian bagi para nelayan yang tinggal di tepiannya

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam memiliki panjang 920 KM, Sungai ini merupakan yang kedua dari daftar sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Mahakam ini berada di Kalimantan, tepatnya Kalimantan timur.

sungai terpanjang di Indonesia-sungai-mahakam
sungai terpanjang di Indonesia-sungai-mahakam

Hulu sungai Mahakam berada di Gunung cemaru, pegunungan Muller dan bermuara di Selat Makassar.

Sungai Mahakam sama seperti sungai Kapuas Sungai Mahakam juga menjadi sumber air mata pencaharian jalur transportasi yang penting bagi masyarakat di Kalimantan.

sungai terpanjang kedua di Indonesia ini juga menjadi habitat bagi salah satu mamalia air yang kini telah langka keberadaannya, yaitu pesut mahakam.

3. Sungai Barito

Sungai Barito mengalir dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan, panjang Sungai Barito mencapai 890 KM.

sungai terpanjang di Indonesia-sungai-barito
sungai terpanjang di Indonesia-sungai-barito

Sungai terpanjang di Indonesia yang satu ini mengalir dari hulu di pegunungan schwaner hingga bermuara di laut Jawa.

Di Sungai Barito ini tak terbatas pada nelayan saja karena beberapa titik terdapat pasar apung yang merupakan pasar tradisional di atas Sungai, masyarakat melakukan transaksi jual beli di atas perahu.

4. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari adalah sungai yang berada di Kabupaten Solok Sumatera Barat dan mengalir hingga Jambi. Sungai ini mengalirkan air dari gunung Rasan hingga sampai ke Laut Natuna.

sungai terpanjang di Indonesia-sungai-batanghari
sungai terpanjang di Indonesia-sungai-batanghari

Sungai terpanjang di Indonesia ini memiliki panjang mencapai 800 KM, sebagian area Sungai Batanghari termasuk dalam kawasan Taman Kerinci Seblat, di sana terdapat pertambangan dan kegiatan eksploitasi hutan, itu berdampak terhadap perubahan arus sungai, adanya erosi, pendangkalan sungai dan sedimentasi juga hal yang perlu diperhatikan.

5. Sungai Musi

Sungai Musi memiliki panjang 750 KM dan berada di Sumatera Selatan. Hulu sungai Musi yang terletak di kawasan Kepahiang atau Bengkulu yang mengalir menuju Selat Bangka.

sungai terpanjang di Indonesia-sungai-musi
sungai terpanjang di Indonesia-sungai-musi

Sungai musi ini terletak di tengah- tengah Kota Palembang, sehingga pembuatan jembatan Ampera dilakukan oleh pemerintah setempat.

Jembatan Ampera menjadi ikon kota Palembang dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke sana.

sejak dulu zaman kerajaan Sriwijaya hingga saat ini Sungai Musi terkenal dengan sarana transportasi utama bagi masyarakatnya.

Mari Lestarikan Sungai

Jangan hanya bangga dan berbesar hati karena mempunyai segudang sungai- sungai yang panjang dan dalam, namun juga harus menjaga kebersihan dan kelestarian sungai- sungai tersebut.

Tanpa adanya kepedulian dari Kita sebagai pewaris Nusantara, maka potensi sebesar apapun akan rusak dan tidak ada manfaatnya.

Jangan membuang sampah, kotoran, limbah ke sungai, karena bisa merusak ekosistem sungai yang akan merusak eksistensi sungai dalam jangka panjang.

Demikain ulasan tentang 5 sungai terpanjang di Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran melalui komentar untuk kemajuan media jarakdekat Indonesia ini.