Definisi kecerdasan menurut orang yang sudah terbukti sukses dalam menjalankan bisnis yang mendunia. Itu artinya mempunyai bobot makna yang perlu untuk diketahui dan dipahami agar busa menularkan kesuksesan kepada Kita semua.

Kecerdasan seringkali dikaitkan dengan kesuksesan, tingkat kecerdasan kerap di jadikan acuan untuk menentukan pekerjaan. Dan kecerdasan bisa di latih dan dimiliki oleh siapapun.

Terdapat beberapa Kecerdasan yang wajib dimiliki untuk bisa menjadi sukses. Karena untuk meraih prestasi dan kinerja yang luar biasa, tidak hanya kecerdasan IQ saja yang diperlukan. Namun, ada juga kecerdasan Emosional (EQ) dan juga ada kecerdasan Spiritual (SQ)

Apa itu Kecerdasan ?

Kemampuan berfikir cepat, atau kemampuan menemukan solusi dalam waktu singkat. Banyak sekali definisi kecerdasan yang selama ini telah Kita pelajari di sekolahan.

Kita juga harus tahu apa itu bedanya cerdas dan pandai, bedanya berilmu dan perpengetahuan. Karena itu merupakan hal paling dasar dari esensi keberadaan manusia di Bumi.

Definisi Kecerdasan oleh Steve Jobs

Sedikit berbeda dengan definisi secara umum terkait kecerdasan. Karena definisi menurutnya merupakan definisi kecerdasan dalam tingkatan advance (lebih lanjut).

Definisi kecerdasan menurut Steve Jobs, yang ia merupakan pengusaha Dunia yang telah menorehkan prestasi yang luar biasa. Jadi, definisi kecerdasan menurutnya bisa dijadikan sebagai referensi terkait apa itu kecerdasan.

Menurut Steve Jobs, kecerdasan ialah kemampuan untuk zoom out. Semakin bisa melihat sesuatu secara makro atau menyeluruh maka tingkat kecerdasan akan semakin baik.

Menurutnya, dengan kemampuan untuk melihat sesuatu secara zoom out maka akan bisa melihat secara lebih rinci dan detil suatu keadaan, maka sudah tentu akan juga bisa melihat peluang dan kesempatan yang baik.

Kecerdasan dan Kreatifitas

Dua hal yang sangat berkaitan antara kecerdasan dan kreatifitas. Karena keduanya merupakan integrasi yang tidak terpisahkan.

Kreatifitas sebagai perwujudan kecerdasan akan terlihat sebagai mahakarya yang bermanfaat bagi manusia.

Anda akan bisa melihat apa saja mahakarya yang telah ada, maka jika Anda mau menulusuri dibalik karya maka akan menjumpai sosok yang cerdas dan kreatif.

Untuk Generasi Lebih Baik

Perkembangan peradaban yang menjadi semakin baik tidak terlepas dari kontinuitas generasi yang cerdas dan kreatif, generasi yang tahan akan distorsi maupun dampak negatif teknologi. Maka menjadi generasi cerdas dan kreatif merupakan tanggung jawab semua manusia.

Dengan menjadi generasi yang baik akan bisa menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri maupun pemimpin bagi yang lainnya.

Ibarat Prosesor Komputer

Kecerdasan ibarat prosesor komputer yang memproses semua input data yang masuk dan di tampilkan di layar monitor dalam waktu sekejap. Semakin tinggi kemampuan prosesor maka akan semakin cepat respon yang di berikan dalam pemrosesan data.

Begitu juga dengan kecerdasan, Ia akan memproses semua hal yang dilihat dan dirasakan dari indera manusia dan di olah menggunakan kecerdasan yang akhirnya menentukan respon terhadap hal apa yang datang.

Apakah Kecerdasan bisa dilatih?

Menurut pakar dan mentor bisnis Tanadi Santoso, kecerdasan bisa dilatih dengan menggunakan satu pertanyaan dengan benyak kemungkinan jawaban. Semakin banyak jawaban yang muncul maka akan semakin cerdas orang tersebut.

Misalnya, pertanyaannya seperti ini:

Bagaimana cara menghubungi teman yang jauh?

Jawaban :

  1. Dengan surat
  2. Dengan nitip pesan ke orang
  3. Dengan telpon seluler
  4. Dengan Whatsapps
  5. Dengan Messenger
  6. Dengan email
  7. Dengan Twitter
  8. Dengan facebook
  9. Dengan menggunakan sms
  10. Dst..

Anda bisa meneruskan hingga sebanyak- banyaknya, ssmakin banyak maka akan semakin baik.

Atau Anda bisa mencoba dengan pertanyaan lain sesuai kreatifitas Anda.

Demikian definisi kecerdasan menurut Steve Jobs, mudah- mudahan bisa menambah wawasan dan referensi yang baik bagi Anda.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *