Udang Vaname atau Penaeus Vannamei adalah jenis udang introduksi dari kawasan sub-tropis Amerika atau udang yang hidup dan berkembang biak di kawasan benua Amerika di daerah yang memiliki cuaca sub-tropis seperti Panama. Udang Vaname memiliki keunggulan dibandingkan udang lokal biasa yakni dilihat dari segi daging yang lebih empuk dan faktor keuntungan yang lebih besar.

Bisnis Budidaya Udang Vaname memiliki keunggulan tersendiri ketimbang bisnis udang lokal pada umumnya. Seperti kita ketahui bahwa udang Vaname adalah udang ekspor dan memiliki keunggulan fisik dibanding udang lokal. Udang Vaname memiliki penyesuaian diri terhadap lingkungan yang baik, perkembangbiakannya cepat, dan pertumbuhan cepat pula. dari aspek-aspek positif tersebut maka dalam menjalani bisnis budidaya udang jenis Vaname ini akan terasa lebih cepat dan menguntungkan.

Bisnis Budidaya Udang Vaname Tren Masa Kini

Dalam budidaya udang Vaname yang harus Anda lakukan pada dasarnya sama seperti budidaya udang lokal pada umumnya. Yakni membuat kolam pada lahan yang sudah disediakan, pengairan, tebar benih, dan tunggu sampai beberapa hari hingga benih menjadi anakan udang.

Pada udang Vaname membutuhkan waktu 2 minggu atau 15 hari supaya benih atau telur berubah menjadi PL (Post Larva). Sampai tahap tersebut adalah tahap pembibitan.

Pembibitan Udang Vaname

Pada pembibitan udang Vaname diperlukan waktu kurang lebih 2 minggu atau 15 hari. Jika Anda ingin menggeluti bisnis budidaya udang khususnya jenis udang Vaname ini, pada hal pembibitan maka Anda akan mendapatkan keuntungan berupa perputaran modal yang lebih cepat. Hanya diperlukan waktu 2 minggu dari mulai Anda mengeluarkan modal, Anda sudah bisa memanen anakan udang Vaname hasil budidaya Anda.

Pembesaran Udang Vaname

Hal kedua setelah pembibitan adalah pembesaran. Dibutuhkan waktu 4 bulan untuk mendapatkan udang Vaname dewasa (besar). Keuntungan tersendiri pada Bisnis Budidaya Udang Vaname yakni jika Anda menggeluti pada pembesaran udangnya saja maka setiap kali panen biasanya sudah ada juragan atau tengkulak yang memesan kepada Anda.

Jadi perputaran uang akan semakin cepat dan tentunya nominal besar. Proses pembesaran udang Vaname melalui beberapa fase perubahan (metamorfosis) yakni dari telur nobli (24 jam), kemudian berubah menjadi soya (4hari), Meisis (8hari), PL (post larva). Diperlukan perlakuanan berbeda-beda tiap fase metamorfosisnya.

Makan Udang Vaname

Taburkan plankton pada kolam selama 2 – 3 jam sekali saat masih berupa telur nobli. Lalu setelah berubah menjadi soya berikan makan flake yaitu sejenis powder yang terbuat dari sari-sari ikan.

Nah, itu dia sekilas informasi yang dapat kami bagikan tentang Bisnis Budidaya Udang Vaname. Tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis dalam bidang budidaya udang Vaname ini, carilah tengkulak yang menjual benih udang Vaname dan tanyalah atau cari referensi dari penjualnya. Lalu cari pula referensi langsung dari pebisnis budidaya udang Vaname langsung. Semoga bermanfaat, dan salam sukses selalu!!

Demikian tulisan seputar terobosan usaha ternak yang saat ini sedang naik daun dan moncer, tidak ada salahnya Anda mencoba menggeluti usaha tersebut. Dan Anda juga bisa lebih berkreasi lagi agar dapat menyesuaikan dan produknya dapat di terima oleh pasar.

Share: