Bila kamu membutuhkan uang tambahan tapi tidak ada waktu untuk mencari kerjaan sampingan di sekitarmu, kamu bisa cari penghasilan tambahan dari hp. Kerja online malui hp kamu bisa mengerjakannya di mana saja dan kapan saja bahkan ketika berada di tempat kerjamu sekalipun.

Di sini kami akan merekomendasikan beberapa pekerjaan online yang bisa kamu ambil untuk mendapat penghasilan tambahan.

9 Penghasilan Tambahan dari HP

Di bawah adalah beberapa kerjaan online yang bisa kamu pilih untuk menambah penghasilan:

1. Bisnis Thrift Shop

Sekarang ini beragam kerjaan lebih fleksibel, mudah dikerjakan hanya melalui hp saja. Bila dulu untuk berjuala kamu harus pergi ke pasar sekarang bisa melalui hp saja. Kerjaan pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapat penghasilan tambahan dari HP pertama yaitu menjual pakaian bekas.

Kamu bisa membeli terlebih dahulu pakaian bekasnya di beberapa situs dalam bahkan luar negeri yang menjual barang bekas branded. Harga per karungnya biasanya dijual sekitar 500 ribu hingga 2 juta. Dengan harga segitu, kamu bisa mendapat keuntungan lebih banyak karena dalam satu karung terdapat banyak sekali baju dan beberapanya merek terkenal.

Ada sedikit tips bagi kamu yang ingin mulai berjualan pakaian bekas atau preloved. Berikut ini tipsnya:

  • Pilih supplier baju bekas terpercayanya
  • Siapkan beberapa akun sosmed sesuai target pasar
  • Perhatikan kebersihan pakaian
  • Rajin promo di media sosial
  • Manfaatkan dengan baik marketplace dan e-commerce

2. Dropshipper

Bila kamu ingin berjualan tapi tidak memiliki modal untuk membeli barang, kamu tetap bisa berjualan dengan cara menjadi Dropshipper. Cara mencari penghasilan tambahan dari hp dengan jadi dropshipper cukup mudah. Kamu hanya perlu menjual barang milik penjual lain, dengan kata lain menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

Nanti pemilik barang akan mengirimkan barang yang kamu minta ke alamat konsumennya atas nama tokomu. Paling penting dari kerjaan satu ini adalah kamu harus mencari toko atau pemilik barang yang amanah. Setiap transaksi kamu akan mendapatkan keuntungan, kamu menjual barang dengan harga dinaikan sedikit dari harga aslinya.

3. Reseller

Pekerjaan di hp lainnya yang bisa kamu ambil untuk menambah uang jajan adalah menjadi reseller. Hampir mirip dengan dropship, reseller ini menjual barang milik orang lain tetapi ia menyetok barang. Jadi bisa dikatakan bila reseller ini harus memiliki modal sedang dropship tidak perlu.

Berikut ini adalah tips bila kamu ingin menjadi seorang reseller untuk mendapat penghasilan tambahan dari HP :

  • Tentukan produk yang ingin kamu jual, pastikan jual yang banyak dibutuhkan orang
  • Pilih toko supplier amanah dan terbaik
  • Usahakan supplier yang kamu pilih merupakan tangan pertama
  • Riset penjualan dengan lihat kompetitor
  • Berikan layanan yang memuaskan konsumen
  • Gunakan dengan baik sosial media untuk promosi
  • Lakukan monitoring dan evaluasi strategi yang sudah kamu gunakan

4. Influencer Instagram

Di zaman sekarang banyak sekali orang yang ingin menjadi influencer instagram, karena dengan followers banyak kamu bisa mendapatkan endorse dengan harga lumayan. Endorse itu kita mempromosikan sebuah produk yang meng-endorse kita dengan bentuk video atau foto. Bila banyak followersmu yang akhirnya beli produk itu mungkin kamu akan mendapatkan bonus.

Instagram bisa menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan penghasilan tambahan di HP yang mudah untuk dilakukan, karena bisa dilakukan hanya dengan menggunakan gadget android.

Namun, untuk menjadi influencer instagram dan mendapatkan banyak followers setia itu tidak gampang. Kamu harus rajin membuat konten, foto atau video menarik yang disuka banyak orang sehingga orang-orang ingin mengikutimu.

Selain bisa mendapat penghasilan dari endorse, akun instagram yang punya banyak followers itu bisa kamu manfaatkan untuk promo produk sendiri. 

5. Content Creator Tiktok

Pekerjaan yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari HP selanjutnya yaitu menjadi conten creator Tiktok. Bahkan uang yang dihasilkan dari menjadi konten creator bisa mengalahkan gaji pokok kamu bila kamu rajin menekuninya.

Banyak cara yang bisa dilakukan konten creator tiktok supaya dapat penghasilan. Salah satunya menjadi marketing afiliasi, upload konten yang bersponsor, buka endorsement, bahkan bila akunmu cukup terkenal kamu bisa menjadi brand ambassador.

6. Affiliate Marketing

Bisnis yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari HP adalah menjadi affiliate marketing. Bila berminat kamu bisa daftarkan diri ke penyedia program afiliasi setelah itu mulai promosi produk yang disediakan. Nanti kamu akan diberi komisi dari setiap produk yang berhasil dijual melalui link-mu.

Berikut ini beberapa situs atau aplikasi yang menyediakan program affiliate adalah sebagai berikut:

  • Tokopedia : https://affiliate.tokopedia.com/
  • Shopee : https://affiliate.shopee.co.id/
  • Lazada : https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/
  • Tiktok : https://seller.tiktokglobalshop.com/business/id/affiliate
  • BliBli : https://www.blibli.com/pages/affiliate

7. Main Game

Bila kamu gemar bermain game pasti senang dengan informasi kerjaan yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari HP satu ini. Jangan biarkan hobi main game-mu malah menjadi aktivitas yang buang-buang waktu saja, jadikan itu bisnis. Bagaimana caranya?

Banyak kerjaan yang bisa kamu cari dengan main game, salah satunya membuat konten game di youtube. Jadi, ketika kamu sedang main game rekam saja dan rekaman video tersebut upload di akun youtube.

Banyak peminat konten game di youtube terutama game-game tertentu yang sedang booming. Kamu juga bisa jadi streamer game dan mendapat penghasilan dari saweran penonton.

Bila kamu tidak percaya diri untuk menjadi streamer atau buat konten youtube, kamu bisa menjual akun game yang sudah mencapai level tertentu. Banyak orang yang mencarinya.

Kamu juga bisa membuka jasa memainkan game orang atau joki game. Tugasmu hanya untuk meningkatkan levelnya. Jadikan hobi game-mu sebagai penghasil uang.

8. Mengisi Survey Berbayar

Belum banyak orang tahu bahwa di online terdapat beberapa situs yang bisa menghasilkan uang dengan hanya mengisi survey.

Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari HP dengan hanya mengisi survey di beberapa situs yang menyediakan. Setiap harinya kamu bisa menghasilkan uang dari $1 hingga $7 itu semua tergantung survey yang kamu isi.

Biasanya sebelum kamu mengisi survey, kamu siberitahu dulu berapa bayaran yang akan didapat. Berikut ini beberapa situs yang menyediakan survey berbayar untuk kamu isi adalah YouGov, JakPat dan Nusaresearch.

9. Kontributor Foto dan Video

Bagi kamu yang hobi foto-foto suatu yang indah dan membuat sebuah video, kamu bisa menjadikan hobi tersebut sebagai penghasil uang.

Banyak kerjaan yang bisa dapat penghasilan tambahan dari HP yang membutuhkan skill tersebut. Jangan sia-siakan hasil fotomu di galeri atau post di sosmed saja, tapi jadikan penghasilan dengan menjualnya.

Kamu bisa daftar jadi contributor foto atau video di beberapa situs penyedia foto dan video. Kamu akan dapat penghasilan dari setiap foto atau video-mu yang didownload orang lain di situs tersebut. Beberapa situs yang bisa kamu coba untuk kerjaan satu ini adalah shutterstock, freepik dan lainnya.

Siapa saja bisa mencoba 9 peluang passive income di atas, termasuk pegawai PNS yang mungkin banyak memiliki waktu luang. Untuk PNS bisa mencoba peluang yang cocok untuk PNS.

Itulah beberapa pekerjaan yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan dari HP. Dari sekian banyak pekerjaan yang kami rekomendasikan, mana yang mau kamu coba lebih dahulu untuk menjadi pekerjaan sampingan?  

Share: