Penipu yang jual motor lelang di Facebook akan segera menghilang dan segera bersembunyi dari peredaran Facebook dan akan berganti dengan akun yang baru lagi dan beraksi lagi untuk mencari korban lagi.

Facebook merupakan media sosial terbesar saat ini dan tersibuk karena penggunanya yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia.

Mulai dari orang pinggiran, rakyat biasa, menengah hingga kelas ataspun banyak yang menggunakan media sosial Facebook tersebut.

Media sosial Facebook sudah melekat di masyarakat mulai tua maupun muda, bapak-bapak maupun ibu-ibu, semua tahu apa itu Facebook dan seakan-akan sudah familiar di telinga maupun di lidah mereka akan nama Facebook.

Ibarat Pisau Bermata Dua

Pisau tajam bermata dua akan bisa bermanfaat dan bisa melukai siapa saja yang tidak tepat atau tidak bisa dalam menggunakannya. Begitu juga internet ataupun Facebook sangat banyak sekali manfaatnya dan sangat berguna.

Untuk digunakan sebagai jualan, media komunikasi, media silaturahmi dan lain sebagainya. Namun juga menyimpan banyak dampak negatif yang bisa disalahgunakan atau bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kriminal, para pelaku kejahatan yang memanfaatkan kesempatan dengan menggunakan teknologi digital media sosial Facebook tersebut.

Oleh karena itu penting rasanya untuk memahami seluk beluk Facebook atau memahami modus-modus yang seringkali digunakan untuk melakukan tindak kejahatan menggunakan media Facebook.

Media sosial Facebook banyak sekali manfaatnya banyak sekali orang menggunakannya di desa maupun di kota.

Di siang hari, pagi hari hingga malam hari banyak yang selalu berkomunikasi, berinteraksi dengan orang lain menggunakan media sosial Facebook.

Bisa melakukan postingan, status, komentar like dan lain sebagainya. Bahkan jualan barang sekalipun menggunakan media sosial Facebook sangat potensial.

Terlebih banyak sekali fitur yang disediakan oleh Facebook seperti marketplace, Facebook ads dan banyak lagi yang lainnya.

Tapi, selain orang-orang baik yang menggunakan media sosial Facebook untuk berdagang, untuk berkomunikasi dengan teman-teman atau pun yang lainnya para pelaku tindak kejahatan juga turut serta mempelajari, juga turut serta menggunakan media sosial Facebook untuk melancarkan aksinya.

Identifikasi Penipu yang Jual Motor Lelang di Facebook

Biasanya, penipu itu mempunyai profil yang tidak seperti biasanya. Itu bisa melihat aktivitas postingan setiap harinya di berandanya atau di linimasanya. Tidak ada foto profilnya, tidak ada foto- foto lainnya dan usia facebook yang masih “muda”.

Facebook yang asli atau Facebook yang normal bisa terlihat dari linimasa nya dengan postingan-postingan yang natural tentunya.

Kita bisa melihat aktivitas setiap harinya aktivitas setiap postingannya. Apakah itu nampak di rekayasa atau tidak. Karena akun penipu yang jual motor lelang di Facebook, semuanya menggunakan akun fake, akun kloningan atau akun palsu karena memang sangat mudah untuk membuka akun di Facebook.

Sehingga tidak menutup kemungkinan disalahgunakan untuk melakukan kejahatan di dunia maya khususnya di media sosial.

Jadi ketika ada penawaran yang jual motor lelang di Facebook dengan harga miring atau dengan bonus yang menggoda maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah

Melihat Profil

Profil Facebook penjual yang menawarkan motor lelang dan harga miring tersebut.

Seperti halnya yang telah disampaikan diatas melihat linimasa Facebook adalah hal yang paling penting dan yang paling utama dan di sana terlihat aktivitas semuanya. Apa saja yang dilakukannya, setidaknya kita bisa mendapatkan gambaran seperti apa pemilik profil tersebut.

Penipu yang Jual Motor Lelang di Facebook
Penipu yang Jual Motor Lelang di Facebook

Maka akumulasi penilaian akan datang pada benak kita dan kita dapat menyimpulkan bahwa akun itu memang akun asli atau akun palsu.

Coba kenali akun penipu yang jual motor lelang di Facebook. Coba perhatikan foto-fotonya, coba perhatikan alamat, detailnya nomor hp-nya atau WAnya, alamat emailnya dan semua yang bisa dilihat yg profilnya.

Akun yang asli akan mencantumkan alamat atau mencantumkan sekolahan yang dulu pernah ditempuhnya. Pengalaman apa saja yang pernah digelutinya maka dengan melihat data-data profil maka akan bisa mengenali bahwa aku itu penipu atau bukan. Sehingga kita bisa terhindar dari penipu yang jual motor lelang di Facebook.

Ketika anda sudah dapat mengamati dan menganalisa akun yang menawarkan motor lelang di Facebook dan dapat anda simpulkan bahwasannya itu merupakan akun yang meragukan. Ketika anda khawatir kalau terjadi penipuan maka alangkah baiknya memblokir akun tersebut.

Sehingga akun terduga penipu yang jual motor lelang di Facebook tidak bisa lagi menghubungi anda, tidak bisa mengirim chatting messenger kepada Anda. Bahkan dia tidak bisa lagi melihat aktivitas linimasa anda, membaca status, melihat like atau komen. Apapun dia tidak bisa lagi melihatnya karena telah anda blokir akunnya.

Kemudian yang lebih ekstrim adalah mereport atau melaporkan akun tersebut kepada pihak Facebook, agar bisa ditindaklanjuti dan bisa di nonaktifkan oleh Facebook.

Dengan harapan tidak lagi ada korban berikutnya yang bisa ditipunya atau bisa diakalinya. Karena tidak sedikit korban yang telah terbuai akan godaan harga murah motor lelang di Facebook. Bahkan kadang ada mobil dengan harga yang sangat murah, dan sebagian besar pengguna Facebook pasti pernah melihat postingan hal- hal seperti itu.

Karena penawaran yang menarik kadang bisa membuat terlena bagi siapa saja yang sedang membutuhkan motor.

Penipu yang jual motor lelang di Facebook akan terus melakukan operasinya bila dirasa ia selalu mendapatkan hasil dari postingannya di Facebook, misalnya postingannya ada yang komentar, postingannya ada yang nge-like dan bahkan ada yang inbox melalui Messenger kepadanya.

Penipu yang Jual Motor Lelang di Facebook
Penipu yang Jual Motor Lelang di Facebook

Karena demi melancarkan modus dan aksinya seorang penipu yang jual motor di Facebook melakukan hal berikut:

  • Post dengan like yang banyak
  • Komentar yang banyak, tentunya komentar yang mendukung jualannya.
  • Testimoni di linimasanya
  • Foto Serah terima unit

Keempat hal diatas bisa saja direkayasa dan pada kenyataannya memang sangat mudah untuk merekayasa banyak komentar, yang mendukung dan testimoni, juga foto serah terima. Semua itu bisa di rekayasa atau bisa dikondisikan oleh sang pelaku penipu yang jual motor lelang di Facebook.

Sehingga ketika ada yang terlena dan tidak berpikir panjang maka bisa terjerat oleh penipu yang jual motor lelang di Facebook tersebut.

Hal-hal tersebut seperti like, banyak komentar yang mendukung, testimoni yang bagus, foto serah terima di linimasanya adalah sebagai upaya untuk mempengaruhi pikiran alam bawah sadar kita untuk langsung percaya pada postingan penipu yang jual motor lelang di Facebook itu.

Karena biasanya patokan untuk menentukan baik buruknya sebuah postingan atau kredibel tidaknya sebuah postingan dilihat dari banyaknya like, komentar yang positif, testimoni dan lain sebagainya.

Namun pada kenyataannya semua itu bisa saja dibuat, bisa saja di rekayasa, bisa saja di lakukan oleh penipu yang jual motor lelang di Facebook.

Tentu ini akan lebih membuat ia bersemangat dalam melancarkan percobaan kejahatan oleh penipu yang jual motor lelang di Facebook.

Maka dari itu kita harus mulai merubah mindset agar lebih menjadi logis, lebih masuk akal ketika dihadapkan dengan suatu masalah atau postingan yang tidak masuk akal di Facebook.

Ketika kita bisa menimbang dan berpikir secara jernih maka akan bisa terhindar dari penipu yang jual motor lelang di Facebook.

Mindset Logis agar Terhindar dari Penipu yang Jual Motor Lelang di Facebook

1. Tidak akan pernah ada yang jual rugi

Sering kita lihat penipu yang jual motor lelang di Facebook mencantumkan harganya terpaut jauh dengan harga di lapangan dengan kualitas motor yang masih bagus dan tahun yang masih muda.

Dan unit motor harganya yang sangat miring. Tentu itu sangat menggoda dan menggiurkan bagi para pencari kendaraan roda dua harga miring.

Jika tidak bisa berfikir logis maka akan dengan cepat terbuai dan negosiasi bahkan melakukan transfer ke penipu yang jual motor lelang di Facebook tersebut.

Maka titik yang paling dasar untuk bisa menangkal hal tersebut adalah mindset logis yang berfikir bahwa tidak akan pernah ada yang jual rugi di dunia ini.

Karena prinsip dagang, prinsip jual beli adalah mendapatkan untung. Jadi, tidak mungkin mereka mau jual rugi.

2. Tidak akan ada harga murah dengan kualitas bagus

Dimanapun di dunia ini tidak akan pernah ada harga murah dengan kualitas bagus. Karena pada dasarnya nilai harga itu ditentukan dari kualitas atau pun tampilannya.

Ada yang bilang bahwa “ada harga ada barang”, itu artinya kualitas barang bisa dinilai dari harganya, meski tidak mutlak 100% benar seperti itu.

Jika benar-benar menerapkan mindset logis yang tersebut diatas, besar kemungkinan akan bisa terhindar dari penipu yang jual motor lelang di Facebook.

Maka dari itu mulai dari sekarang, anak-anak kita, generasi kita harus di ajari mindset logis.

Bagaimana cara berpikir rasional akan sebab akibat atau untung-rugi, sehingga bisa terhindar dari kasus-kasus atau modus-modus penipu yang jual motor lelang di Facebook, dan juga terhindar dari tindakan percobaan penipuan yang lainnya.

Share: