Makanan khas betawi bisa menjadi pilihan menu saat berkunjung ke Jakarta. Yang mana bisa ditemui dengan mudah dengan harga terjangkau.

Nusantara terdiri dari berbagai ragam suku yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dan Betawi merupakan suku yang tinggal di daerah Ibukota Indonesia yakni, Jakarta. Betawi memiliki beragam adat dan budaya yang merupakan hasil akulturasi dari beberapa suku di Indonesia.

Bahkan Berapa bangsa di dunia, selain itu Betawi punya beragam makanan khas yang terkenal enak dan lezat. Dari makanan yang basah hingga kering, dari yang tipis hingga yang tebal, dari yang ringan hingga yang berat.

Makanan khas Betawi ini bisa kamu santap dengan nasi. Masakan tersebut atau  makanan beragam itu digemari baik turis lokal maupun mancanegara.

Kamu yang suka berkuliner, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi berbagai makanan lezat ini.

Berikut, 10 Makanan Khas Betawi

1.  Soto Betawi

Banyak daerah di Nusantara yang mempunyai masakan soto, begitu juga dengan Betawi yang juga mempunyai ragam kuliner soto. Tentu rasanya sangat lezat dan harganya juga bersahabat.

Makanan Khas Betawi-soto
Makanan Khas Betawi – Soto

Soto Betawi berisi daging sapi beserta jeroan dari sapi atau ayam dan memiliki kuah santan dengan cita rasa gurih dan daging kenyal. Tak heran kuliner khas Betawi ini digemari oleh banyak orang dan cukup mudah ditemui.

2. Asinan Betawi

Vegetarian akan sangat cocok atau menyukai jenis makanan ini, karena bahan- bahan asinan Betawi terdiri dari kol, sawi, tauge, tahu, selada, tahu putih yang ditaburi dengan kacang tanah.

Makanan Khas Betawi-asinan-betawi
Makanan Khas Betawi-asinan Betawi

Campuran makanan tersebut kemudian disiram dengan kuah cuka, cabai dan berwarna kuning. rasanya asam dan segar cocok dinikmati di cuaca panas.

3. Pecak Lele

Hidangan ikan lele di Indonesia banyak macamnya, pada umumnya lele hanya diolah dengan cara digoreng dan dinikmati dengan sambal.

Makanan Khas Betawi-pecak-lele
Makanan Khas Betawi-pecak Lele

Tapi pecak lele mempunyai cirikhas dalam penyajiannya yakni lelenya disiram dengan kuah kecap yang terbuat dari Saus Kacang dan air asam jawa. Jangan Tanya rasanya seperti apa? Anda pasti rugi seumur hidup kalau tidak mencoba menu makanan khas betawi yang satu ini.

4. Semur Jengkol

Ada yang suka jengkol dan ada yang membenci jengkol, untuk yang tidak suka jengkol, jangan coba- coba cicipi masakan ini, karena bahan dasar menu masakan khas Betawi ini adalah jengkol. Bagi penikmat jengkol, semur jengkol sangatlah enak. Sedangkan bagi mereka yang tidak kuat dengan aromanya pasti akan bilang kalau aroma kuliner khas Betawi ini terlalu menyengat.

Makanan khas Betawi ini biasanya tidak disantap begitu saja melainkan dengan nasi putih atau nasi uduk. Biasanya dijadikan sebagai sayur untuk makan dan tidak dimakan begitu saja.

5. Gado-gado

Kalau dengar istilah Gado-gado pasti sudah terlintas di dalam pikiran akan campuran dari beberapa hal atau beberapa bahan. Dan memang benar makanan khas Betawi ini memang campur aduk beberapa bahan dijadikan satu.

Sesuai dengan namanya makanan ini terdiri dari beberapa jenis bahan yang dicampur aduk. Kentang, tahu, tempe, dan telur di atas campuran ini di siram bumbu kacang dan ditaburi kerupuk.

6. Bubur Ase

Tidak banyak yang menjual bubur ase ini, karena memang ini termasuk makanan khas betawi dan lumayan sulit dalam pengerjaan atau membuatnya, butuh ketelatenan dan kesabaran.

Diberi nama ase karena tidak seperti bubur biasanya yang di hidangkan selagi hangat. Namun bubur ase baru di sajikan ketika sudah dingin. Karena bukan dicampur dengan irisan ayam, melainkan dicampur dengan semur daging untuk menambah kenikmatan.

7. Kerak Telor

Makanan khas Betawi yang satu ini sudah sering kita dengar, namun tidak semuanya yang sudah menjajal keenakan makanan ini. Makanan yang berbahan telur ini sangat terasa nikmat jika disandingkan dengan minum teh hangat di pagi hari.

Selain telur, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya antara lain beras, ketan putih, kelapa sangrai dan bawang goreng. Soal rasa bisa dibilang campurannya antara legit dan gurih.

8. Nasi Ulam

Nasi Ulam merupakan nasi yang mirip dengan nasi uduk namun ada sedikit perbedaan antara nasi uduk dengan nasi ulam. Yakni nasi ulam ditaburi dengan Bumbu tabur hasil gerusan bawang merah, ketumbar, jintan, terasi dan cabai.

9. Roti Buaya

Makanan yang satu ini sangat penting keberadaannya dalam acara sakral adat Betawi, yaitu pernikahan dan juga lamaran. Roti buaya adalah roti yang berbentuk buaya. Pada umumnya, ukuran roti buaya memiliki panjang sekitar 50 cm.

Roti buaya ini dipersembahkan pengantin pria yang diberikan ke pengantin perempuan, dan merupakan lambang kebersamaan dan kesetiaan dalam berumah tangga.

10. Sayur Besan

Simbol kekeluargaan di wujudkan dengan adanya sayur besan, jarang- jarang bisa menemui sayur besan ini karena memang belum ditemui yang jualan sayur besan ini.

Selain di sajikan untuk acara spesial makanan ini juga tidak selalu bisa ditemukan, karena sulit untuk menemukan bahannya. Dibutuhkan bahan- bahan khusus untuk membuat sayur besan yaitu, tebu telur atau bunga tebu, bagian pucuknya diolah menjadi sayur dan dilengkapi dengan petai, ebi dan kentang. Demikian ulasan tentang makanan khas Betawi semoga bermanfaat. Terima kasih

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *